Taman

Syarat Tumbuh Tanaman Sawi: Panduan Lengkap

Syarat Tumbuh Tanaman Sawi – Sawi (Brassica juncea L.) sangat berharga di pasar. Ini adalah sejenis sayuran yang termasuk dalam keluarga Cruciferae. Makanan ini kaya serat, nutrisi, dan diyakini obat-obatan. Orang menggunakan daun muda sawi untuk dimakan.

Sawi bisa tumbuh baik di tempat tinggi atau rendah. Tanaman ini tahan air hujan dan bisa ditanam sepanjang tahun. Tanah yang bagus untuk sawi itu gembur, banyak humus, dan airnya bisa melancar. Tanahnya sebaiknya memiliki pH antara 6-71.

Di Indonesia, sawi hijau sangat terkenal. Ini karena bisa tumbuh di berbagai suhu. Tumbuhan ini paling bagus tumbuh antara 100-500 meter di atas permukaan laut. Sawi suka tanah yang subur dan bisa mengalir air2.

Bahan organik dan nutrisi penting untuk pertumbuhan sawi. Keberadaan mereka dalam tanah sangat mendukung2.

Sejarah Tanaman Sawi

Tanaman sawi berasal dari Cina dan Asia Timur3. Masyarakat Cina mulai membudidayakannya sekitar 2.500 tahun lalu3. Kemudian, sawi menyebar ke Filipina dan Taiwan3. Diperkirakan, sawi tiba di Indonesia pada abad XIX melalui perdagangan dengan Cina3.

Asal Muasal Sawi

Tiongkok adalah tempat asal tanaman sawi, kira-kira 2.500 tahun yang lalu3. Dari sana, tanamannya menyebar ke Asia Timur termasuk Indonesia pada abad XIX3. Di Indonesia, sawi tumbuh subur baik di dataran rendah maupun tinggi3. Orang asing menyebutnya mustard. Di Jawa dan Madura, orang menyebutnya sawi, sedangkan di Sunda mereka mengenalnya sasawi3.

Penyebaran Sawi di Indonesia

Sawi tumbuh baik di berbagai kondisi, dari dataran rendah hingga tinggi, khususnya di Indonesia3. Orang asing dan di sebagian daerah Indonesia, sawi juga dikenal dengan nama mustard. Di Jawa dan Madura, namanya tetap sawi, sementara di Sunda orang menyebutnya sasawi3.

Klasifikasi dan Morfologi Sawi

Tanaman sawi diklasifikasikan dalam beberapa kelompok. Ini termasuk tanaman berbiji dan biji di dalam buah. Tanaman ini memiliki batang pendek dan daun lonjong4.

Akar sawi tumbuh dengan subur di tanah yang kaya. Daunnya berpermukaan halus. Tidak ketinggalan, sawi juga punya bunga yang unik, membentuk salib yang indah5.

Sawi kaya akan nutrisi. Ada vitamin A, B, dan C, serta karbohidrat, protein, dan lemak5. Ini menjadikannya makanan sehat yang bisa melawan kanker dan kolesterol jahat5.

READ  Tumbuhan yang Ditanam dengan Daun: Cara Unik Berkebun
Klasifikasi Tanaman SawiKarakteristik Morfologi
  • Divisi: Spermatophyta (tanaman berbiji)
  • Sub Divisi: Angiospermae (biji berada di dalam buah)
  • Kelas: Dicotyledoneae (biji berkeping dua)
  • Ordo: Rhoeadales (Brassicales)
  • Famili: Cruciferae (Brassicaceae)
  • Genus: Brassica
  • Spesies: Brassica juncea L.
  • Akar: Serabut, tumbuh menyebar
  • Batang: Pendek, beruas-ruas
  • Daun: Lonjong, halus, tidak berbulu
  • Bunga: Empat kelopak, membentuk salib
  • Buah: Polong-polongan, 2-8 biji

Jenis-Jenis Tanaman Sawi

Tanaman sawi memiliki beberapa jenis yang sering ditemui6. Kita kenal tiga jenis sawi yang umum, yaitu sawi putih, sawi hijau, dan sawi huma6. Selain itu, ada sawi caisim, sawi keriting, dan sawi monumen juga6.

Sawi Hijau

Sawi hijau populer di Indonesia6. Ia punya batang pendek dan tegap dengan daun lebar dan hijau6. Tanaman ini bisa tumbuh baik di berbagai iklim7.

Sawi Putih

Sawi putih juga sangat dikenal di sini6. Ia mempunyai batang pendek dan daun hijau tua6. Cocok di tanah dataran rendah dan tinggi7.

Sawi Huma

Sawi huma adalah jenis lain di antara yang dikenal6. Ia memiliki batang kecil dan daun lebar berwarna hijau6. Juga dapat berkembang di berbagai lokasi7.

Tiap jenis sawi punya kelebihannya masing-masing untuk petani6. Pemilihan jenis sawi dan cara bercocok tanam penting untuk sukses panen7.

Jenis SawiKarakteristik MorfologiKondisi Tumbuh
Sawi HijauBatang pendek dan tegap, daun bertangkai pipih, lebar, dan berwarna hijau keputihan.Dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi, dengan suhu dan iklim yang bervariasi.
Sawi PutihBatang pendek dan tegap, daun lebar, halus, berwarna hijau tua, bertangkai panjang, dan bersayap melengkung ke bawah.Dapat tumbuh baik di berbagai kondisi iklim, dari dataran rendah hingga dataran tinggi.
Sawi HumaBatang agak kecil dan panjang, daun tidak lebar, berwarna hijau keputih-putihan, bertangkai, dan bersayap.Dapat tumbuh subur di berbagai kondisi iklim, mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi.

678

Syarat Tumbuh Tanaman Sawi

Tanaman sawi suka tumbuh di ketinggian 5 sampai 1.200 meter di atas laut9. Mereka butuh banyak energi dari matahari sekitar 350 sampai 400 cal/cm2 setiap hari8. Suhu yang pas buat mereka adalah malam hari 15,6 °C dan siang hari 21,1 °C. Mereka juga butuh 10 sampai 13 jam sinar matahari setiap hari untuk tumbuh maksimal8.

Kelembaban udara juga penting, sekitar 80% sampai 90% saja810. Dan jangan lupa, curah hujan yang pas adalah dari 1.000 sampai 1.500 mm/tahun810. Sowi juga suka tanah yang subur. Tanah yang gembur, kaya akan bahan organik, dan punya pH 6 sampai 7 adalah tempat yang bagus untuk mereka tumbuh8.

ParameterKondisi yang Sesuai
Ketinggian tempat5 – 1.200 m dpl9
Intensitas cahaya matahari350 – 400 cal/cm2 per hari8
SuhuMalam: 15,6 °C, Siang: 21,1 °C8
Kelembaban udara80% – 90%810
Curah hujan1.000 – 1.500 mm/tahun810
pH tanah6 – 78
READ  Perbedaan Tanaman Dikotil dan Monokotil Beserta Contohnya

Pupuk sangat penting untuk tanaman sawi. Pupuk nitrogen membantu tumbuh daun yang lebat. Dan, tanah yang diapuri bisa membuat tanah lebih baik lagi untuk tumbuh8.

Syarat Tumbuh Sawi

Iklim yang Sesuai untuk Sawi

Tanah sawi tumbuh sempurna dalam kondisi cuaca tertentu. Iklim yang pas penting untuk budidaya ini. Beberapa faktor penting termasuk ketinggian tempat.

Ketinggian Tempat

Sawi tumbuh paling baik di kawasan 100 hingga 500 meter di atas laut11. Ini adalah tanaman khas daerah dengan cuaca sedang. Namun, sekarang makin bisa ditemui di daerah panas juga11.

Sawi dapat ditanam di kawasan dengan ketinggian 5 hingga 1.200 meter di atas laut11.

Intensitas Cahaya Matahari

Energi Matahari sangat penting untuk sawi, dengan ideal 350-400 cal/cm2 setiap hari11. Cahaya yang cukup akan bantu pertumbuhan dan kualitas daun sawi.

Suhu dan Kelembapan

Suhu yg baik utk sawi sekitar 15,6°C malam hari dan 21,1°C siang hari, dengan kelembapan 80-90%11. Untuk sawi putih, suhu nyaman 19-21°C , dan kelembapan sebaiknya 80-90%12.

Curah Hujan

Curah hujan ideal untuk sawi antara 1.000-1.500 mm setiap tahun11. Sawi tahan terhadap hujan, jadi bisa ditanam musim hujan juga11.

Petani harus memperhatikan semua faktor iklim ini. Mereka memastikan sawi bisa tumbuh baik dan hasil panen terjamin111213.

Syarat Tanah untuk Budidaya Sawi

Tanah yang baik untuk sawi harus gembur dan subur. Perlu banyak humus, seperti tanah andosol7. Struktur tanah yang bagus bisa menyerap air dengan baik. Tanah ini juga harus bisa mengeluarkan air mudah7. Tanah ideal memiliki pH antara 6 sampai 77.

Jenis Tanah

Sawi hijau suka iklim hangat dan dingin, jadi tumbuh baik di dataran tinggi dan rendah7. Media tanam sangat penting. Ini memberi makanan pada akar, serta menjaga kelembapan. Media yang cocok memiliki pH 6 sampai 6,57.

Struktur Tanah

Tanah harus remah dan kaya bahan organik. Ini memberi nutrisi kepada tanaman7. Ukuran media tanam juga penting. Harus mendukung akar, serta menyediakan air dan nutrisi cukup. Polibag yang tepat akan menentukan hal tersebut7.

pH Tanah

Tanah ideal untuk sawi punya pH 6 sampai 77. pH yang pas menghasilkan kondisi terbaik untuk pertumbuhan sawi14.

Karakteristik TanahKebutuhan Sawi
Jenis TanahTanah yang gembur, subur, banyak mengandung humus, seperti tanah jenis andosol
Struktur TanahTanah yang mudah menyerap air dan memiliki drainase yang baik
pH Tanah6-7

Perlu penelitian lebih lanjut. Tujuannya mengidentifikasi media tanam dan polibag terbaik untuk sawi7.

Pemupukan untuk Tanaman Sawi

Tanaman sawi butuh banyak nitrogen untuk tumbuh baik dan membuat protein15. Urea cocok, karena 45-46%nya adalah nitrogen16. Memberi sawi urea yang pas sangat berpengaruh untuk tumbuh lebat dan banyak daun.

READ  Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan Tanaman

Pupuk Nitrogen

Di Sidera, 200 kg urea/ha memberi hasil terbaik buat sawi16. Tanaman jadi lebih tinggi dibanding yang dosisnya kurang. Bedanya besar, dipercaya hingga 5%.

Pengapuran

Utan sawi ditanah asam perlu diapuri jadi pH 6-7. Supaya tanaman bisa serap unsur hara baik17. Untuk pupuk dasar sawi, pakai 10 ton kandang, SP-36 100 Kg, KCl 75 Kg, dan urea 150 Kg.

Jenis PupukKandunganDosis Aplikasi
Pupuk NPK GOLD DGW 16-10-1816% Nitrogen, 10% Phosphate, 18% Potassium100 Kg/Ha
Pupuk HX DAP18% Nitrogen, 46% Phosphate100 Kg/Ha
Pupuk NPK COMPACTION DGW 15-15-15+TE15% Nitrogen, 15% Phosphate, 15% Potassium200 Kg/Ha
HX AS21% Nitrogen, 24% Sulfur100 Kg/Ha
Pupuk NPK BOOSTER DGW 12-6-22-3+TE12% Nitrogen, 6% Phosphate, 22% Potassium100 Kg/Ha
HX MROPH60% Potassium50 Kg/Ha
KNO3 PRILL13% Nitrogen, 46% Potassium20 Kg/Ha
Pupuk daun HX MKP50% Phosphate, 35% Potassium2-3 gr/L
KNO3 Crystal13% Nitrogen, 46% Potassium20 Kg/Ha
Surfaktan WETCIT0.5 ml/L – 1 ml/L

Pupuk kandang sapi bagus untuk sawi juga17. Sapi 10 ton pupuk/ha signifikan naikin hasil sawi. Tidak mempengaruhi tumbuhnya, tapi hasil sawi bertambah berat sejalan dosis pupuk.

Kesimpulan

Tanaman sawi sangat berharga di pasar dan punya masa depan cerah18. Bisa tumbuh baik di dataran tinggi atau rendah, selama tempatnya cocok. Faktor utama adalah cuaca, jenis tanah, dan pupuk yang tepat18. Dengan merawat sawi dengan baik, bisa memberi keuntungan untuk kesehatan dan keuangan keluarga.

Untuk sawi, kompos daun Paitan dengan jumlah 0,75 kg per tanaman adalah pilihan terbaik19. Juga, memberi pupuk urea 200 kg/ha bisa sangat meningkatkan aspek-aspek tanaman seperti tinggi, daun, bobot basah, dan kering16.

Memahami cara tumbuh dan merawat sawi sangat penting. Bisa membuat kita bertani lebih lanjut dan lebih baik, seperti menghasilkan lebih banyak sawi. Tidak hanya itu, bisa juga memenuhi kebutuhan pangan, gizi, dan obat masyarakat luas18. Budidaya sawi kualitas tinggi dan peduli lingkungan harus kita dorong lebih lanjut. Itu bisa mendukung ketahanan pangan dan kesejahteraan petani di Indonesia.

FAQ

Apa itu tanaman sawi?

Tanaman sawi adalah salah satu jenis sayuran berharga tinggi. Ini berasal dari keluarga tumbuhan yang sama dengan kubis. Kaya akan serat dan gizi, sawi juga dianggap memiliki manfaat kesehatan.

Bagian mana dari tanaman sawi yang dikonsumsi?

Orang biasanya makan daun sawi yang masih muda.

Di mana sawi dapat ditanam?

Sawi tumbuh baik di dataran tinggi dan rendah. Tahan cuaca buruk, tetapi butuh air yang cukup.

Jenis tanah apa yang cocok untuk budidaya sawi?

Tanah untuk sawi harus gembur, kaya humus, dan bagus drainasenya. pH tanah yang ideal adalah 6-7.

Apa saja jenis-jenis tanaman sawi?

Sawi hijau, sawi putih, dan sawi huma adalah tiga jenisnya.

Apa saja syarat tumbuh yang dibutuhkan tanaman sawi?

Sawi suka tempat dengan ketinggian 5-1.200 meter di atas laut. Sinar matahari cukup, suhu sejuk, dan kelembaban lembut diperlukan. Jumlah hujan ideal adalah 1.000-1.500 mm setiap tahun.

Jenis pupuk apa yang dibutuhkan untuk tanaman sawi?

Pupuk nitrogen penting bagi sawi. Pupuk urea yang kaya nitrogen cocok, dengan kandungan 45-46%. Pengapuran diperlukan untuk mengontrol pH tanah, menjaganya di 6-7.

Link Sumber

  1. https://agrotek.id/syarat-tumbuh-tanaman-sawi/
  2. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/biologi/article/download/11957/1169/
  3. https://repository.pertanian.go.id/bitstreams/e048bb6f-a3a4-4d17-8c74-acaeb4551217/download
  4. http://repositori.unsil.ac.id/4621/6/BAB II TINJAUAN PUSATAKA.pdf
  5. https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3938/3/BAB II.pdf
  6. https://repositori.uma.ac.id/bitstream/123456789/1173/5/098210018_file5.pdf
  7. https://ijecsed.esc-id.org/index.php/home/article/download/30/32
  8. http://repository.uin-suska.ac.id/5778/3/BAB II TINJAUAN PUSTAKA..pdf
  9. https://siat.ung.ac.id/files/wisuda/2016-1-2-54211-613408091-bab1-23112016042019.pdf
  10. http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/17347/06. BAB II.pdf?sequence=6&isAllowed=y
  11. https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/1447/5/128210027_file5.pdf
  12. https://spmabanjarbaru.sch.id/m/read-artikel/99-hasil-maksimal-budidaya-tanaman-sawi-putih-semi-organik-di-dataran-rendah-
  13. https://repository.ummat.ac.id/930/1/COVER-BAB III.pdf
  14. https://agri.kompas.com/read/2022/08/29/213243384/6-cara-menanam-sawi-yang-sesuai-dengan-syarat-pertumbuhannya?page=all
  15. https://www.dgwfertilizer.co.id/pemupukan-tepat-untuk-tanaman-sawi/
  16. https://media.neliti.com/media/publications/249324-pertumbuhan-dan-hasil-tanaman-sawi-brass-5e12b59f.pdf
  17. http://repo.unsrat.ac.id/825/1/Geosains_Oleh_Saartje_Sompotan.pdf
  18. https://repository.pertanian.go.id/bitstreams/09e8c46d-d952-4a14-b15a-198d506936b9/download
  19. https://core.ac.uk/download/pdf/229107616.pdf

Related Articles

Back to top button